Pemalang Hebat dan Berdikari

IKMAL – Pemalang yang ‘AJIB’ akan sejahtera dan hebat, menurut Sekda Kabupaten Pemalang, Budi Rahardjo. Ajib sangat familier di telinga masyarakat, sebagai respon spontan ketika mendengar, melihat hal-hal yang mengagumkan. AJIB akronimnya adalah “Aksi Jejaring Inovasi Berkelanjutan”. Menurutnya , strategi tersebut akan menjadikan Pemalang sejahtera dan hebat. Ini diungkapkan ketika talk show Pengembangan IT Dalam Memasarkan Potensi Pemalang di stasiun TV lokal Yogyakarta, Jumat malam (28/10/2016).

Talk show yang di narasumberi oleh Bupati Pemalang  H.  Junaedi,  Sekda Kabupaten Pemalang  Budi Rahardjo dan Relawan TIK Puspindes Andri Johandri. Membahas pentingnya  penggunaan  teknologi  Informatika dalam pelayanan publik. Dengan sistem yang dikembangkan dalam suatu aplikasi  yang harus dimiliki  oleh setiap desa berupa Sistem informasi  desa dan kawasan di Kabupaten  Pemalang (sidekem). Harapan  yang mendasar dari sistem ini, pelayanan  publik yang selama ini terkesan lambat  dan berbelit  belit dapat dipangkas. Bahkan dengan sistem aplikasi  yang ada dan hanya mengirim pesan singkat ke pelayanan publik, masyarakat  langsung dapat  mendapatkan layanan  publik yang di inginkan.

Dengan sistem tersebut, potensi yang dimiliki desa dapat ditonjolkan dan dipromosikan  ke dunia luar.  Selain pelayanan  publik,  masyarakat  dapat memasarkan  produknya melalui sistem ini.  Disamping itu, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  dapat lebih dioptimalkan melalui jejaring Informatika  yang sudah ada.

Panggilang akrab Sekda Kabupaten Pemalang, BR mengatakan,  dalam sistem yang sudah  di bentuk dan dikembangkan itu. Perlu adanya peran serta  dari masyarakat  maupun  stakeholder yang ada mulai dari bupati,  kepala SKPD  sampai kepala desa  untuk  saling bersinergi  dan bekerjasama.  Oleh karenanya,  diperlukan  Pemalang  yang AJIB “Aksi,  Jejaring,  Inovasi,  Berkelanjutan”.

Suatu aksi nyata dari masyarakat  dan stakeholder untuk menuju dan mewujudkan  Pemalang yang Hebat serta berdikari, dalam semua sektor kehidupan perlu adanya suatu jejaring yang baik untuk  saling  mendukung satu dengan yang lainnya. Tentunya dengan  bantuan teknologi  yang ada, jejaring ini  dapat lebih mudah dilaksanakan.

“ Dari kesemuanya itu, adanya suatu sistem  yang berkelanjutan tanpa dipengaruhi oleh siapa yang sedang menjabat. Diharapkan AJIB  merupakan  jembatan menuju Pemalang Hebat.

Sumber : mediakita.co

Foto : Telegraf.co.id salah satu portal berita nasional milik anak Pemalang.

 

Author: Ikmal

Membangun masyarakat Pemalang yang cerdas, berkapasitas global santun dan berkebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.