IKMAL ONLINE RADIO LIVE STREAMING CHANNEL
Rilis

Hadapi Pandemi, IKMAL Sinergi Dengan Pemda Pemalang

IKMAL.ORG – Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Masyarakat Pemalang (IKMAL) wilayah Pemalang, berlangsung hari ini, di Pemalang, (14/03/2021).

“Pelantikan DPD pengurus di wilayah Pemalang itu ditujukan untuk mempermudah langkah dan kordinasi anggota IKMAL yang ada di Pemalang dan sekitarnya, juga untuk menjembatani, untuk bersinergi dengan masyarakat maupun pihak Pemda Pemalang jika nanti ada kegiatan bersama, atau event sosial yang biasanya IKMAL lakukan di Pemalang, mengingat selama ini kepengurusan IKMAL masih hanya terpusat di Jakarta,” kata Wiwid W. Widjojo, Humas IKMAL, Minggu (14/03/2021).

Adapun tujuan pengurus pusat IKMAL datang ke Pemalang adalah ada dua agenda penting, pertama ialah pelantikan dan pengesahan terhadap kepengurusan wilayah Pemalang dalam hal ini pelantikan kepengurusan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) IKMAL di Pemalang.

Kedua ialah bersilaturahmi dan sekalian melakukan audiensi dengan Pemda Pemalang, sekaligus mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Pemalang terpilih yang baru, Mukti Agung Wibowo dan Mansur Hidayat.

โ€œPertama, kami ingin membentuk kepengurusan daerah, untuk memudahkan kordinasi anggota dan pengurus antara anggota IKMAL yang ada di Pemalang dengan anggota IKMAL yang berada di pusat (Jakarta). Kedua, kita ingin pererat hubungan dengan Pemda Pemalang, sinergi dengan pemerintah daerah baik eksekutif maupun legislatif. Itu penting untuk memajukan Kabupaten Pemalang,โ€ ucapnya.

IKMAL melihat kehadiran Bupati Pemalang Agung Mukti Wibowo dan Wakil Bupati Mansur Hidayat sebagai suatu pertanda positif, yaitu di Kabupaten Pemalang terus lahir dan tumbuh kebersamaan serta kepedulian sosial yang tinggi, yang juga sangat menjunjung keharmonisan.

โ€œSelama ini IKMAL memang telah banyak bekerjasama dan Pemda dan juga kerap membuat acara sosial bersama, sehingga kita akan tetap membangun sinergitas, dan program bersama, salah satu contohnya pembagian sumbangan dan masker bagi masayarakat bersama Bupati dan Wakil Bupati Pemalang di alun-alun Kabupaten Pemalang,โ€ imbunya.

Organisasi kemasyarakatan, semestinya tak hanya menyodorkan proposal kepada pemerintah daerah, akan tetapi juga mengajukan program agar dapat membangun sinergitas, hal inilah yang memang menjadi salah satu program kerja IKMAL dari dulu, dimana membangun sinergitas dengan Pemda melalui kegiatan bersama dan juga melakukan dengar pendapat serta audiensi dan diskusi dengan Pemda terkait ide-ide dan gagasan-gagasan konstruktif untuk membangun Pemalang lebih maju kedepan.

โ€œJadi pentingnya menjalin kerja sama tersebut karena proses perjalanan pemerintahan di Pemalang tidak hanya membutuhkan pemikiran-pemikiran strategis, genuine, dan rasional semata. Lebih dari itu, jalannya pemerintahan juga membutuhkan pendekatan kemasyarakatan dan keumatan,โ€ paparnya.

Menurut Wiwid, salah besar apabila IKMAL tidak bersinergi dengan pemerintah daerah. Karena menurutnya, kunci membangun daerah secara bersama-sama adalah sinergi.

Salah satu peran strategis yang diharapkan dari masyarakat dan anggota IKMAL adalah dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Di mana, saat ini terdapat potensi melemahnya kegiatan-kegiatan perekonomian dikarenakan badai pandemi.

Bersama dengan Pemda Pemalang, IKMAL berharap akan terus memberi peran yang lebih strategis dan fokus pada edukasi masyarakat agar pikiran-pikiran modernisasi dan toleransi dapat dibangun bersama. Tentunya dengan memupuk kebersamaan sosial dan saling berbagi, juga penguatan spiritual dan religius. Karena, masyarakat Pemalang harus memahami keberagaman dalam harmoni kehidupan.

IKMAL pun optimistis, kerja sama tersebut akan berdampak positif bagi kemajuan Pemalang, bangsa dan negara. Dengan terus memberikan kontribusi strategis bagi Pemalang dibanyak hal, mulai dari awal terbentuknya IKMAL pada tahun 1980 an, hingga sekarang.

โ€œSembari teriring harapan kami semua anggota IKMAL, dan masyarakat Pemalang dimanapun berada pada beliau selaku bupati dan wakil bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi warga Pemalang,โ€ terang Wiwid.

IKMAL berharap, Pemalang bisa menjadi barometer nasional dan menjadi tonggak kemajuan di kawasan Pantura. Apalagi merupakan daerah pertanian yang subur dan kelautan yang sangat strategis dan kaya hasil laut, tentunya banyak yang bisa dikembangkan dan di eksplore lebih maksimal untuk kepentingan masyarakat Pemalang.

“Kami ingin menyambung hati, pikiran, dan program-program. Kerja sama ini akan menjadi bagian partnership antara IKMAL dengan elemen-elemen strategis di Pemalang. IKMAL ingin terus berperan strategis bagi pembangunan Pemalang karena memiliki banyak jaringan, akademisi ataupun birokrat, dan praktisi di dalam kepengurusan dan keanggotaan,” pungkasnya.

Tentang Penulis

IKMAL.ORG

Membangun masyarakat Pemalang yang cerdas, berkapasitas global serta santun dan berkebudayaan.

Informasi Pendaftaran Anggota via WhatsApp