Home Program Kerja

Program Kerja

Program dan Rencana Kerja Bidang Media dan IPTEK

 


 

Disusun oleh :

Bidang Media dan IPTEK

 

 IKMAL  dan Penguatan Iptek,  Membangun Pemalang  Lebih Baik Dari Hari Ini

 

Bagaimana menjadi daerah  yang maju? Sangat ditentukan oleh karakter masyarakat dan budaya organisasinya. Kapasitas masyarakat  bisa dibangun, demikian pula halnya teknologi, ilmu pengetahuan, informasi dan media, dapat langsung diimplementasikan kedalam  program pembangunan dan peningkatan kapasitas  masyarakat Pemalang. Namun, semuanya itu harus dibangun satu demi satu.

Kita sudah memasuki  Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jika kita berani mengatakan bahwa Pemalang adalah daerah  yang termasuk belum begitu  siap. Satu-satunya cara untuk menghadapi  tantangan  globalisasi kedepan adalah membangun masyarakat Pemalang agar memiliki keahlian bidang tehnologi dan pengetahuan yang luas serta membangun karakter yang bisa menjadikan Pemalang bersaing terhadap daerah-daerah disekitarnya dan terlebih lagi dalam menghadapi MEA dan arus Globalisasi.

Values Based Knowledge, Media and Technology sangat penting bagi masyarakat Pemalang kedepannya. Berdasarkan atas perkembangan  zaman dan globalisasi serta masuknya era digital native serta digital information, bisa disimpulkan bahwa Pemalang sangat membutuhkan pembangunan lima karakter yang sangat penting yaitu: kemampuan beradaptasi, visi, inovasi, tanggung jawab dan kemampuan untuk membuktikan gagasan. Kelima karakter tersebut sangat diperlukan bagi pembangunan masyarakat  Pemalang yang modern dan berkapasitas untuk dapat bersaing dengan daerah lainnya.

Pembangunan IPTEK dan media yang dilandasi oleh paham modernisasi dan spiritualitas sangat penting  dalam upaya meningkatkan daya saing  masyarakat Pemalang . Adapun langkah dan program yang ingin IKMAL  lakukan adalah dengan melakukan beberapa hal seperti berikut :

  1. Manufacturing Kawulo Gusti

Membangun masyarakat Pemalang yang mempunyai keimanan dan kesadaran penuh akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, agar tercipta kecerdasan spiritual dan moralitas serta emosional yang bagus dan ideal sesuai dengan Pancasila.

  1. Humanity Knowledge Building Development

Membangun dan meningkatkan kecerdasan masyarakat Pemalang dengan melakukan edukasi-edukasi yang bersifat komprehensif dan berkesinambungan dalam hal bidang ilmu apapun untuk meningkatkan intelektualitas dan pengetahuan bagi seluruh masyarakat Pemalang.

  1. Sistem Inovasi Sektoral

Membangun inovasi-inovasi baru dibidang apapun di Pemalang yang berorientasi pada modernisasi teknologi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin pesat belakangan ini.

  1. Pengelolaan Rantai nilai dan Inovasi Jejaring

Membangun hubungan yang sinergi antara masyarakat Pemalang dengan pemerintah ataupun instansi-instansi non pemerintah lainnya untuk mendistribusikan apa yang bisa masyarakat lakukan untuk kemajuan Pemalang secara bersama-sama.

  1. Strategi Teknologi dan Informasi

Membangun strategi-strategi marketing, inovasi dan pengembangan rekayasa dengan membuat strategi imitasi kreatif sampai inovasi kreatif, dan juga melalui media-media dan informasi yang berbasis pada informasi digital.

  1. Entrepreneurship dan Daya Saing

 Membangun industri kreatif, industri jasa, industri pariwisata dengan melakukan digitalisasi dan rekayasa marketing.

        7.Sistem Mutu dalam memperkuat Daya Saing Industri

Melakukan workshop dan pelatihan keahlian bagi masyarakat Pemalang dalah hal dan bidang kerja apapun.

  1. Membangun Budaya Inovatif dan Kompetitif

Yaitu membangun kolaborasi ABGC dalam  memperkuat sistem inovasi daerah,  nasional maupun Internasional.

Demikian beberapa program dari tim Media dan Iptek, yang coba ingin direalisasikan dan ingin diaplikasikan kepada masyarakat Pemalang, melaui agenda kerja IKMAL. Semoga program ini bisa berjalan sebagaimana mestinya, dan sudah kami sadari bahwa IKMAL tidak mungkin bisa bergerak sendiri untuk dapat merealisasikan program ini tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari pihak-pihak yang terkait dengan program tersebut. Oleh karena itu kami dari Tim Iptek mengharapkan dukungan dan kerjasama yang sinergi dari tim kerja IKMAL yang lainnya.

Tim Media dan IPTEK

Ketua  Bidang

Koeshondo W. Widjojo

Anggota :

  1. Harto
  2. Cipto

error: Content is protected !!