Karya Anak Pemalang, Aplikasi Pasar Online “Ngelapak” Siap Diluncurkan

IKMAL – Asosiasi Ngusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Pemalang, diakhir tahun ini targetkan meluncurkan program pasar online “ngelapak” yang didukung aplikasi mobile untuk platform Hand Phone (HP) Android.

Hal itu terungkap dalam rapat Asosiasi itu dengan agenda persiapan peluncuran Marketplace atau Toko Online Ngelapak Pemalang yang di gelar kemarin, di meting room Winner, Selasa (20/11).

Menurut Danar Wisnu Tungga Dewa menyebut bahwa Marketplace Ngusaha ini akan sangat membantu bagi pengembangan wira usaha sosial di Kabupaten Pemalang. Dengan aplikasi yang akan diluncurkan ini, para pengguna aplikasi baik para penjual dan pembeli dapat mengakses secara langsung seluruh fitur ngelapak dari perangkat ponsel android yang mereka miliki.

Senada dengan itu, menurut pembuat aplikasi ini, Surya Akbar Rizqinata (22), Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta asal Pemalang yang diberi nama “ngelapak” ini juga telah dirancang untuk memiliki beberapa keunggulan.

“Aplikasi ini kami buat dengan memiliki beberapa keunggulan di bandingkan marketplace  yang ada di Indonesia. Baik dari sisi kemudahan, keamanan serta tampilannya yang saya pikir cukup bersaing dengan Toko Online lainnya,” papar mahasiswa yang pernah 1 tahun bekerja di Google San Francisco.

Daitambahkannya, aplikasi ini dibuat khusus untuk Pemalang. “ Ini sengaja saya persiapkan dan persembahkan untuk Pemalang tercinta. Mungkin inilah bentuk pengabdian saya kepada Pemalang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KADIN Kabupaten Pemalang Iskandar Ali Syahbana yang hadir dalam kesempatan itu menyatakan Penghargaannya. Ia mendukung terobosan dan gagasan dari anak muda Pemalang ini untuk mengemas produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pemalang.

” Ini adalah salah satu bentuk ekonomi kreatif program Pemerintah Pak Jokowi yang di respon secara cerdas oleh pemuda Pemalang lewat aplikasi dagang online ‘ngelapak’. Kami dari Kadin sangat berharap dan menunggu output dari program aplikasi dagang online ini untuk memajukan perekonomian UMKM masyarakat Pemalang,” bebernya.

Hadir dalam kesempatan itu, para pelaku usaha, Kyai Ahmad Dasuki Ketua NU Kabupaten Pemalang, Mirin Guru SMA N 1 Pemalang. Dari dinas terkait hanya nampak Kabag Humas Serda Pemalang Nugroho Budi Raharjo.  Sementara, dari Disperindagkop, Dindikpora dan Dinsosnakertrans Kabupaten Pemalang tidak hadir dalam undangan acara tersebut tanpa keterangan.

Sumber : mediakita.co

Author: Ikmal

Membangun masyarakat Pemalang yang cerdas, berkapasitas global santun dan berkebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!